Asam Urat - Obat, Penyebab Dan Gejala

Asam Urat
Asam Urat - Obat, Penyebab Dan Gejala -- Penyakit asam urat merupakan penyakit yang umum di kalangan orang indonesia terutama yang sudah berumur diatas 30 tahun. Mengkonsumsi zat purin secara berlebihan merupakan penyebab utama dari penyakit asam urat ini karena purin akan diolah tubuh menjadi asam urat. Biasanya pada kadar asam urat normal, asam urat ini akan disaring oleh ginjal dan keluar melalui urine. Tapi jika kadar asam urat terlalu banyak, maka ginjal tidak akan mampu memproses dan mengeluarkannya sehingga akan terjadi penumpukkan asam urat dipersendian yang lama kelamaan akan membentuk kristal-kristal padat di persendian tersebut. Akibatnya akan menyebabkan pembengkakan, terasa panas di persendian, dan nyeri yang amat sakit dan tidak tertahankan.

       Penyebab Penyakit Asam Urat
    Seperti yang sudah saya jelaskan diatas penyebab utama dari penyakit asam urat adalah kandungan zat purin yang berlebih. Zat purin sendiri dihasilkan dari perusakan sel-sel tubuh secara alami dan juga dari makanan yang kita makan. 
     Beberapa faktor yang membuat rentan terkena penyakit asam urat adalah :
1. Faktor Genetik (keturunan)
2. Obesitas
3. Menderita penyakit lambung.
4. Minum Alkohol
5. Mengkonsumsi obat-obatan seperti diuretik dan aspirin
6. Usia dan jenis kelamin. Pria memiliki risiko asam urat lebih besar daripada wanita terutama diusia diatas 30 tahun, namun wanita setelah monopause mempunyai risiko sama besar seperti pria.
7. Makanan yang banyak mengandung zat purin.


   Pantangan Makanan Penderita Asam Urat
• Makanan kalengan ( sarden, abon sapi, dll)
• Kacang - kacangan , termasuk hasil olahannya seperti tempe, oncom, dll.
• Jeroan ( hati, otak , usus, dll)
• Makanan Laut ( cumu-cumi, kerang, gurita, ikan sarden, dll)
• Makanan sungai (Keong, lele, belut, dll)
• jenis buah tertentu ( nanas, air kelapa, durian)
• Makanan bersantan atau makanan yang digoreng
• Daging bebek dan angsa
• Daging sapi, kambing, kerbau
• Sayuran tertentu ( bayam, buncis, kangkung, jamur kuping, dll)
• Dan masih banyak lagi, jadi jangan berlebihan dalam memakan makanan yang kalian sukai. Karena bisa saja makanan tersebut menjadi penyebab asam urat.

Gejala Penyakit Asam Urat
      Gejala asam urat yang paling umum adalah pembengkakan, peradangan, kemerahan, nyeri dan sakit bila disentuh. Biasanya penyakit asam urat ini menyerang persendian dan yang paling sering terkena adalah pergelangan kaki,lutut, tumit, jari-jari tangan, jari-jari kaki.
     Gejala awal asam urat biasanya diawali rasa sakit dan nyeri pada persendian terutama sendi pada jempol kaki. Rasa sakit dan nyeri akan berlangsung selama 3-10 dan biasanya memuncak ke tingkat yang lebih parah dalam 24 jam.
     
Gejala Asam Urat
         Gejala asam urat tingkat lanjutnya apabila tidak ditangani secara cepat dan tepat maka akan menimbulkan benjolan keras asam urat pada persendian yang disebut tofi, dan tofi ini bisa menyebabkan rusaknya tulang rawan sendi dan tulang di sekitar peradangan tersebut.

Obat Asam Urat Alami 
  Bagi anda yang sudah terkena asam urat tidak ada salahnya untuk menggunkan obat tradisional alami sebagai obat asam urat alami. Disini saya akan memberikan informasi untuk 6 obat asam urat.

   6 Obat Tradisional Asam Urat

1. Daun sirsak
      Kandungan yang tinggi akan vitamin C dan A pada daun sirsak dapat membantu mengeluarkan racun dalam tubuh dan meringankan nyeri yang diakibatkan asam urat. Caranya :
  • Sediakan 5 daun sirsak muda
  • Rebus dengan air mendidih
  • Saring dan Minum Air Rebusannya.
  • Lakukan setiap hari untuk hasil maksimal

 2. Daun Salam
  Kandungan kalium pada daun salam terbukti dapat menurunkan kadar asam urat. Caranya :
  • Sediakan 20 lembar daun salam segar
  • Rebus dengan 600 cc atau 3 gelas air mendidih sampai terisisa satu gelas
 • minum ramuan tradisional ini 2 kali sehari masing- masing 1/2 gelas

3. Perbanyak Air Putih
   Air putih sering diremehkan dalam penyembuhan penyakit. Banyak orang hanya minum ketika mereka haus, perlu anda ketahui meminum air putih minimal 8 gelas baik untuk melarutkan kadar asam urat didalam ginjal dan bukan hanya untuk asam urat, air putih memiliki banyak manfaat lainnya untuk tubuh kita, pada hakikatnya sebagian besar tubuh kita tersusun oleh air.

4. Perasan Lemon
   Lemon mengandung asam sitrat yang ternyata dapat melarutkan purin yang menjadi penyebab utama asam urat. Anda tinggal memeras 2-3 lemon dan anda bisa campurkan dengan makanan atau air putih hangat, lakukan ini dipagi dan sore hari untuk hasil yang lebih maksimal.

5. Buah Cherry
  Buah cherry mengandung kandungan magnesium yang berkhasiat untuk mengobati asam urat dan juga dapat meringankan nyeri akibat asam urat itu sendiri. Caranya anda hanya perlu memakan 5-7 buah cherry baik secara langsung ataupun dengan dibuat jus.

6. Daun Seledri
   Kandungan folat, potassium, fosfor, vitamin A, B1, asam lemak essensial dan vitamin mineral lainnya dalam daun seledri cukup ampuh meredakan nyeri sendi akibat asam urat. Caranya :
  • Sediakan 2 g daun seledri
  • Rebus menggunakan 110 ml air hingga mendidih
 • Saring, lalu minum airnya sebagai obat alami
 • Lakukan 1 hari sekali secara rutin

      Semua cara diatas tentang obat asam urat harus dilakukan secara rutin agar mendapatkan hasil yang maksimal. Sekian artikel tentang  Asam Urat - Obat, Penyebab Dan Gejala. Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua, jangan lupa share untuk mendapatkan pahala juga. :). 




Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Asam Urat - Obat, Penyebab Dan Gejala"

Posting Komentar