8 Manfaat Lemon Untuk Kesehatan Beserta Kandungan Gizinya

Manfaat Lemon
8 Manfaat Lemon Untuk Kesehatan Beserta Kandungan Gizinya -  Siapa yang tidak kenal dengan buah yang satu ini?? Ya, Lemon, salah satu buah dengan berbagai manfaat didalamnya. Lemon jarang dikonsumsi langsung karena rasanya yang asam, tapi lemon sangat populer ketika digunakan untuk kombinasi bumbu dan rempah-rempah tentunya dalam kuantitas yang sedikit.
    Lemon dapat memberikan rasa yang nikmat dan gurih untuk banyak saus, salad, bumbu-bumbu, minuman dan makanan penutup, bukan hanya sebagai penyedap makanan manfaat lemon juga sangat banyak.
    Lemon pertama kali dicap sebagai buah yang banyak manfaat nya ketika diatas kapal awal penjelajah. Mereka mengkonsumsi lemon untuk mengobati penyakit kudis, penyakit yang sangat umum diantara para pelaut.
    Pada tahun 1747, James Lind menemukan bahwa lemon dan jeruk sangat efektif untuk mengobati penyakit, kita tahu bahwa penyakit kudis disebabkan karena kekurangan vitamin C.

  Fakta Pada Lemon
Berikut adalah beberapa poin penting tentang lemon, informasi pendukung yang lebih detail ada di artikel utama.
   • Lemon tinggi pada kandungan vitamin      C dan antioksidan yang kuat.
  • Vitamin C berguna mencegah dan                memperkecil kemungkinan kanker.
  • Pembuatan kolagen pada tubuh                    manusia sangat bergantung pada                  vitamin C.
  • Beberapa individu penderita asma                mungkin menemukan bahwa vitamin C     dapat membantu mengurangi gejala.

 8 Manfaat Lemon Untuk Kesehatan

1. Meperkecil Kemungkinan Stroke
      Manfaat lemon yang pertama adalah memperkecil kemungkina stroke. Menurut American Heart Association, makan jeruk dalam jumlah yang lebih tinggi dapat menurunkan 19℅ risiko terkena stroke iskemik pada wanita. Penelitian ini menggunakan data dari 69.622 wanita diatas 14 tahun.
   Stroke iskemik adalah jenis yang paling umum dari stroke, disebabkan oleh gumpalan darah yang menghambat aliran darah ke otak.
  Penulis utama study, Aedin Cassidy Ph.D., mengatakan:
   "Penelitian menunjukan buah, sayur dan Vitamin C secara khusus mengambil bagian lebih tinggi dalam mengurangi risiki stroke. Flavonoid ( hanya ada pada buah dan sayur tertentu) diduga memberikan perlindungan melalui beberapa mekanisme, termasuk meningkatkan fungsi pembuluh darah dan sebagai efek anti-inflamasi.

  2.Melawan Kanker
     Bukan hanya untuk stroke saja, manfaat lemon sebagai salah satu sumber yang baik dari antioksidant yang luar biasa yaitu vitamin C, lemon dan jus lemon dapat membantu melawan pembentukan radikal bebas yang diketahui sebagai penyebab kanker.
   Bagaimanapun penelitian telah memberikan berbagai hasil dari manfaat lemon yang baik dari antioksidan dalam pencegahan kanker.

  3.Menjaga Kulit Tetap Sehat
      Manfaat lemon yang satu ini cocok untuk anda khususnya remaja. Antioksidan dari vitamin C, bila dimakan dalam bentuk alami atau dioleskan, dapat membantu melawan kerusakan kulit yang disebabkan matahari dan polusi, mengurangi keriput, dan memperbaiki tekstur kuliy secara keseluruhan.

  4. Mencegah Asma
      Manfaat lemon lainnya adalah mencegah asma. Risiko perkembangan penyakit asma lebih rendah pada orang yang mengkonsumsi asupan tinggi dari nutrisi tertentu, salah satunya vitamin C. Meskipun perlu penelitian lebih lanjut.
 Sebuah tinjauan yang diterbitkan Allergy, Asthma dan Clinical Immunology Concluded.
    ".... Itu mungkin masuk akal bagi penderita asma untuk mengetes vitamin C secara individual jika mereka memiliki eksaserbasi asma yang disebabkan oleh saluran pernapasan. Diperlukan penelitian lebih lanjut tentang peran vitamin C asma yang disebabkan oleh hawa dingin.

  5. Meningkatkan Penyerapan Zat Besi
      Manfaat lemon yang satu ini baik untuk anak dimasa pertumbuhan.  Kekurangan zat besi adalah salah satu penyebab kekurangan gizi di negara berkembang dan penyebab utama anemia. Makanan seimbang yang kaya akan vitamin C dengan makanan yang kaya zat besi akan memaksimalkan kemampuan penyerapan zat besi.
   Sebagai contoh, memeras jus lemon diatas salad dengan bayam dan buncis (merupakaan sumber zat besi yang baik).

  6. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
    Lemon mengandung vitamin C tinggi dan antioksidan lainnya dapat membantu sistem kekebalan tubuh untuk memerangi kuman penyebab pilek dan flu. Menjaga pola makan diet dengan buah dan sayur sangat penting ketika musim hujan.

 7. Mengobati Asam Urat
     Manfaat lemon yang tersembunyi lainnya adalah mengobati asam urat. Lemon mengandung asam sitrat yang ternyata dapat melarutkan purin yang menjadi penyebab utama asam urat. Anda hanya perlu memeras 2-3 lemon dan anda bisa campurkan dengan makanan atau air putih hangat, lakukan ini dipagi dan sore hari untuk hasil yang lebih maksimal.

  8. Manfaat lemon Lainnya
    Mengkonsumsi berbagai jenis buah-buahan dan sayuran sudah sejak lama dikaitkan sebagai pencegah berbagai risiko yang merugikan kondisi kesehatan. Banyak penelitian yang menyarankan meningkatkan mengkonsumsi makanan nabati seperti lemon yang yang bisa mengurangi risiko obesitas, diabetes, penyakit jantung, dan berbagai penyebab kematian lainnya.

   Kandungan Gizi Pada Lemon
   Menurut data dari USDA National Nutrient, satu buah lemon mentah tanpa kulit (sekitar 58 grams) mengandung :
• 17 kalori.
• 0.6 gram protein.
• 0.2 gram lemak.
• 5.4 gram karbohidrat ( termasuk 1.6              gram serat dan 1.5 gram gula).
• 51% dari kebutuhan harian vitamin C          yang diperlukan.
    Lemon juga mengandung sedikit kandungan thiamin, riboflavin, vitamin B-6, asam pantotenat, kalsium, zat besi magnesium, phospor, kalium, dan tembaga.
  Satu ons cairan jus lemon memberikan :
• 7 kalori.
• 0.1 gram protein.
• 0.1 gram lemak.
• 2.1 gram karbohidrat (termasuk 0.1 gram   serat dan 0.1 gram gula)
• 23% dari kebutuhan harian vitamin C          yang diperlukan.
    Bagaimana cara menggabungkan lebih lemon kedalam menu diet kita??
Lemon Pepper Cod
     Lemon harus dipetik ketika sudah sangat matang karena tidak seperti kebanyakan buah-buahan lainnya, lemon tidak akan matang dengan sendirinya ketika sudah dipetik.
   Lemon harus disimpan pada suhu kamar dan dijauhkan dari sinar matahari. Lemon sangat baik jika dipasangkan dengan makanan gurih serta manis. Lemon sering disajikan dengan ikan, udang, kerang, ikan, dan dalam banyak masakan mediterania, serta makanan penutup.
     Terima kasih telah membaca artikel tentang "8 Manfaat Lemon Untuk Kesehatan Beserta Kandungan Gizinya", semoga bisa ber manfaat bagi teman - teman semua, masih ada puluhan manfaat lemon lainnya yang belum saya paparkan. Jangan lupa share artikel ini agar bisa bermanfaat bagi teman yang lainnya..

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "8 Manfaat Lemon Untuk Kesehatan Beserta Kandungan Gizinya"

Posting Komentar